top of page

Air Mineral Punya Rasa Berbeda, Emang Iya?

Air Mineral Punya Rasa Berbeda, Emang Iya?

Sering gak kamu mendengar bahwa air mineral memiliki berbagai macam rasa. Tapi, apakah benar jika air mineral memiliki rasa yang berbeda-beda?

Molekul air mimiliki rumus H2O, yang artinya terdiri dari 2 atom hydrogen dan 1 atom oksigen. Kedua kandungan tersebut juga saling berkaitan. Air mineral memiliki kandungan mineral yang dimana kedua kandungan H2O tersebut tidak masuk ke dalamnya.

Water Research mengatakan jika kandungan mineral yang memberikan rasa pada air, seperti bikarbonat, magnesium, sulfat, dan kalsium. Perbedaan cara mengolah air mineral juga mempengaruhi rasa yang ada didalamnya. Tingginya kadar jumlah mineral juga mempengaruhi rasa dari air mineral tersebut. Jika, kadar mineral tinggi, maka rasa yang timbul akan semakin terasa.

Keterangan jumlah mineral pada kemasan air mineral biasanya dihitung dalam bentuk ppm ( part per million ) atau mg/L ( milligram per liter ). Air mineral yang tidak memiliki rasa ini terjadi karena proses penyulingan ( distilasi ) yang akhirnya menghilangkan senyawa kimia dan mineral pada kandungannya.

Itu dia yang menjadi pembeda rasa dari satu produk air mineral kemasan dengan produk lainnya. Tiap produk memiliki proses yang berbeda-beda dan kadar kandungan air mineral yang berbeda, sehingga dapat mempengaruhi rasa yang ada didalamnya.

bottom of page