top of page

Air Rebusan atau Air Mineral, Mana Yang Lebih Sehat?

Air Rebusan atau Air Mineral, Mana Yang Lebih Sehat?

Sering bertanya-tanya gak sih, mana yang lebih sehat antara air rebusan atau air mineral? Air rebusan sendiri lebih hemat, sedangkan air mineral yang berkemasan dianggap juga lebih praktis. Namun, air rebusan juga lebih boros dalam penggunaan bahan bakar dan air mineral berkemasan juga lebih boros di biaya pembelian setiap kemasannya.

Air memiliki rumus kimia H2O yang terbentuk dari hidrogen dan juga oksigen. Kandungan air murni tidak hanya terdiri dari H2O, ada juga zat lainnya yang terkandung dalam air mineral. Namun, air mineral berkemasan jelas memiliki kandungan yang berbeda dengan air rebusan. Air yang berasal dari sumber berbeda juga memiliki kandungan yang berbeda-beda juga.

Air mineral mengandung berbagai macam mineral, maka dari itu secara fungsi sebenarnya air mineral berkemasan lebih banyak memiliki manfaat dan kandungan yang baik bagi tubuh, contohnya seperti kandungan kalsium, magnesium, selenium, seng, natrium, kalium, dll. Selain itu, air mineral berkemasan juga sudah pasti diproses secara higienis, sehingga menambah manfaat baik bagi tubuh. Untuk air rebusan sendiri juga tetap sehat dan juga segar, karena air rebusan juga memiliki sumber air yang sehat, meskipun kandungan mineralnya lebih sedikit dibandingkan dengan air mineral berkemasan.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan sebenarnya air mineral berkemasan ternyata jauh lebih baik dibanding air rebusan biasa, Perbandingan yang bisa membedakan antara kualitas keduanya adalah dari komposisi mineral, kandungan ion, bahan organik, bakteri, dan kontaminan kimia ( logam dan zat radioaktif ). Komposisi air mineral juga lebih baik karena langsung diambil dari mata air pegunungan dan dapat menghilangkan ion berbahaya, bahan organik, hingga bakteri atau zat berbahaya lain pada air.

bottom of page