top of page

Apa Sih Gunanya Expired Date Pada Air Mineral?

Apa Sih Gunanya Expired Date Pada Air Mineral?

Sering gak sih kita menemukan tanggal kadaluarsa atau expired pada kemasan air mineral? Seperti yang kita ketahui, rasanya tidak mungkin jika air mineral memiliki tanggal kadaluarsa. Ternyata tanggal expired pada kemasan itu menjelaskan masa kadaluarsa dari kemasan air mineral. Tidak semua kemasan juga bisa bertahan lama, maka dari itu, perlu batas waktu untuk menjaga kesehatan dari air mineral yang dikonsumsi.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, yang dikutip melalui situs Klik Dokter, mengatakan bahwa air adalah senyawa kimia, seperti oksigen dan besi, yang secara alami terdapat di alam. Karena itu, air mineral tidak dapat kedaluwarsa dan dapat bertahan selamanya.

Tujuan dicantumkannya tanggal kadaluarsa adalah untuk menghindari efek buruk bagi kesehatan. Zat plastik pada kemasan dapat larut ke dalam air seiring berjalannya waktu dan mengontaminasinya. Adapun bahan kimia yang berpotensi mengkontaminasi, yaitu antimon dan bisphenol A (BPA). Jika mengkonsumsi air mineral di kemasan yang kadaluarsa akan menyebabkan gangguan kesehatan usus, yaitu diare.

bottom of page