top of page

Bayi Boleh Konsumsi Air Putih? Simak Faktanya

Bayi Boleh Konsumsi Air Putih? Simak Faktanya

Seperti yang kita ketahui, kebutuhan air putih untuk tubuh sangatlah penting. Tapi, apakah bayi boleh untuk mengkonsumsi air putih?

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), hingga bayi berusia 6 bulan ada baiknya untuk dilakukan pemberian ASI. Hal ini dikarenakan ASI memiliki nutrisi yang sangat penting untuk bayi dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya. Tidak hanya itu saja, ASI juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi dan mencegah terpapar berbagai virus, penyakit, atau infeksi.

Namun, faktanya banyak juga ibu yang tidak ingin repot untuk memberikan ASI dan hanya ingin praktis untuk memberikan air putih saja. Disarankan untuk bayi yang masih dalam fase MPASI untuk lebih fokus diberikan ASI, dibanding dengan air putih.

Dikutip melalui Healthline, alasan mengapa bayi yang masih dalam fase MPASI tidak disarankan untuk meminum air putih adalah karena kapasitas perut bayi masih sangat kecil. Perut bayi yang baru lahir hanya memiliki daya tamping sebanyak 5 – 10 ml. Jangan khawatir, setelah fase MPASI, bayi sudah dapat mengkonsumsi air putih, meskipun kapasitas dan kebutuhan air putihnya tidak sebanyak pada orang dewasa.

Jika, bayi di fase MPASI tetap dipaksa diberikan air putih, maka akan mengalami beberapa gangguan penyakit, seperti mengalami gangguan pencernaan, keracunan air, hingga kekurangan gizi.

bottom of page