top of page

Kebutuhan Konsumsi Air Putih Berbeda? Ini Pedomannya

Kebutuhan Konsumsi Air Putih Berbeda? Ini Pedomannya

Faktanya, kebutuhan konsumsi air putih itu berbeda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan adalah delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau biasanya adalah dengan total 2 liter air.

Selain dari minuman, ternyata makanan juga bisa memberikan asupan cairan pada tubuh adalah sekitar 20%. Cairan dari makanan biasanya bisa didapatkan dari buah dan sayur, contohnya bayam dan semangka mengandung 90% air.

Menurut Harvard Health Publishing, tidak hanya air putih yang bisa menyuplai cairan ke tubuh kita. Minuman lain seperti susu, air, teh, dan jus buah juga dapat menyumbang kebutuhan cairan harian.
Selain itu, kebutuhan konsumsi cairan untuk tubuh dapat didukung, diperoleh, bahkan dipengaruhi juga dari :

1. Olahraga
Olahraga adalah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh, terutama ketika sudah mengkonsumsi air putih secara cukup, olahraga juga dapat melengkapi kebutuhan cairan pada tubuh.

2. Cuaca
Jika cuaca sedang tidak menentu, itu akan mempengaruhi juga pada kebutuhan cairan atau air putih pada tubuh. Hindari untuk tidak meminum atau mengkonsumsi air putih ketika cuaca panas, karena akan menyebabkan kekeringan atau dehidrasi.

3. Kesehatan
Pengaruh kondisi kesehatan pada tubuh akan mempengaruhi konsumsi air putih. Ketika tubuh sedang dalam kondisi tidak baik atau tidak fit, disarankan untuk mengkonsumsi kebutuhan cairan pada tubuh dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup dan juga rutin dikonsumsi.

bottom of page