top of page

Manfaat Penyaringan Air Minum

Manfaat Penyaringan Air Minum

Penyaringan air minum adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena air putih adalah kebutuhan pokok yang wajib ada untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh, lalu apa aja sih manfaat dalam penyaringan air minum?

1. Menjernihkan Air
Proses penyaringan air minum sangat penting untuk menjernihkan air atau menurunkan tingkat keruhnya air. Ciri-ciri air yang bersih adalah air tidak keruh dan tetap jernih.

2. Menghilangkan Aroma, Warna, dan Rasa
Manfaat dari penyaringan air minum adalah untuk menghilangkan aroma keruh dan rasa yang aneh pada air putih. Dengan menghilangkan ketiga hal tersebut, maka akan menghilangkan juga kandungan bakteri pada air putih, sehingga air putih menjadi layak untuk dikonsumsi.

3. Mengatur Tingkat Keasaman Air atau pH
Menurut Permenkes 492 tahun 2010 yang dikeluarkan oleh Kemenkes, membahas tentang kualitas air yang memenuhi syarat kelayakan minum adalah air dengan pH 6,5 – 8,5. Air dengan tingkat pH yang lebih rendah maupun lebih tinggi dari standart tersebut juga tidak memenuhi syarat kesehatan. Dari hal itulah, proses penyaringan ini sangatlah penting untuk memenuhi syarat konsumsi dan layak minum dari air putih.

4. Menyehatkan
Manfaat terakhir dari penyaringan air minum adalah untuk menyehatkan tubuh. Penyaringan air minum berfungsi untuk mengolah air mentah menjadi air bersih agar layak untuk dikonsumsi. Beberapa kandungan dari proses penyaringan ini juga dapat mencegah penuaan dan pembentukan radikal bebas. Tidak hanya itu saja, proses penyaringan ini juga penting untuk minuman dalam kemasan, agar tidak mudah rusak akibat paparan sinar ultraviolet dan menghindari air putih yang tercemar bakteri.

bottom of page