top of page

Minum Air Putih Harus Cukup, Jangan Berlebih!

Minum Air Putih Harus Cukup, Jangan Berlebih!

Banyak minum air putih emang baik untuk tubuh. Namun, apakah mengkonsumsi air putih berlebihan itu baik? Jawabannya adalah tidak. Karena jika kita meminum air putih terlalu banyak, justru akan menimbulkan penyakit atau gangguan pada tubuh. Berikut adalah dampak jika berlebihan mengkonsumsi air putih :

1. Overhidrasi

Jika dehidrasi adalah kekurangan cairan, overhidrasi adalah kondisi tubuh yang kelebihan cairan. Kondisi ini seperti saat kita mengkonsumsi air lebih banyak dibanding yang dapat organ ginjal dikeluarkan melalui cairan urine. Akhirnya, tubuh menyimpan terlalu banyak air yang terserap melalui aliran darah.

2. Keracunan

Gangguan fungsi otak bisa menyebabkan keracunan air, karena disertai dengan penambahan asupan garam harian. Hal ini terjadi ketika natrium dan elektrolit dalam tubuh menjadi terlalu cair, dan menyebabkan hiponatremia.

3. Gangguan Jantung

Dengan mengkonsumsi air putih terlalu banyak, dapat menaikkan resiko dari gangguan jantung. Hal ini dikarenakan, volume darah dapat meningkat saat cairan yang berlebihan masuk dan menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Meningkatnya volume darah, akhirnya menyebabkan tekanan naik dan pembuluh darah dapat menyebabkan gangguan jantung.

Lalu, bagaimana cara mengetahui jika kita sudah terlalu banyak mengkonsumsi air putih? Tanda-tandanya adalah dengan memperhatikan urine, jika urine berwarna putih maka itu berarti sudah meminum terlalu banyak air dalam waktu dekat. Selain itu, jika mengalami kram otot sekitar perut, perut terasa kembung, sering buang air kecil, dan badan terasa lemas.

bottom of page