top of page

Waspada, Jangan Minum Air Mineral Seusai Makan Pedas!

Waspada, Jangan Minum Air Mineral Seusai Makan Pedas!

Siapa yang paling suka mengkonsumsi makanan pedas? Tau gak sih, kalau ternyata tidak disarankan untuk mengkonsumsi air mineral setelah makan sesuatu yang pedas loh.

Hal ini dikarenakan adanya capsaicin pada cabai atau makanan pedas yang menimbulkan rasa nyeri pada lidah. Respon dari rasa nyeri ini adalah dengan mengirimkan impuls ke otak dan memberikan sensasi terbakar dari makanan pedas. Itu dia alasan mengapa saat mengkonsumsi makanan pedas, lidah terasa seperti terbakar dan panas.

Karena capsaicin merupakan molekul non-polar, rasa terbakar hanya akan larut pada zat non-polar. Namun, air mineral merupakan zat polar sehingga tidak dapat menghilangkan rasa pedas pada mulut. Akhirnya, saat mengkonsumsi air mineral, sensasi pedas pada lidah dan mulut tidak langsung hilang dan justru akan membuat semakin haus.

Sebagai gantinya, kamu dapat mengkonsumsi susu untuk menghilangkan dan menetralkan rasa pedas. Susu memiliki kandungan minuman non-polar dan mengandung casein yang dapat menetralkan capsaicin, serta dapat menghilangkan sensasi terbakar di mulut. Susu juga berfungsi untuk mencegah masalah lambung yang diakibatkan karena terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas.

bottom of page