top of page

Cara Menghitung 1 Liter Air Mineral Berapa Gelas

Cara Menghitung 1 Liter Air Mineral Berapa Gelas

Sering sekali kita disarankan untuk meminum air putih sebanyak 2 liter atau biasanya sebanyak kurang lebih 8 gelas. Namun, sebenarnya bagaimana cara menghitung 1 liter air mineral yang benar? Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menghitung 1 liter air mineral dalam bentuk berapa gelas, simak penjelasannya berikut ini.

Hal yang paling mudah digunakan adalah menggunakan sebuah alat ukur untuk takaran penghitungan yang mudah. Di Indonesia, mudahnya menggunakan gelas belimbing, karena gelas belimbing banyak ditemukan dimanapun, dan masyarakat Indonesia juga banyak yang memiliki gelas belimbing.
Perhitungan pada gelas belimbing adalah :

1 gelas belimbing : 200 ml
2 gelas belimbing : 0,2 liter
3 gelas belimbing : 1.5 liter

Dari perhitungan tersebut, jika kita membutuhkan 1 liter air, maka kita perlu untuk menyiapkan air setara dengan 5 gelas belimbing. Begitu juga ketika kita membutuhkan 2 liter air per hari, maka kita dapat menggunakan setara 10 gelas belimbing di setiap harinya.

Namun, jika menggunakan gelas air mineral, maka perhitungannya adalah sebagai berikut :
1 liter : 1000 ml
1 gelas air mineral : 220 ml

Jadi, 1 liter air mineral dengan volume air mineral adalah setara 4,5 gelas air mineral. Penghitungan ini didapatkan dari 1000 dibagi 220 adalah 4,5.

bottom of page